Suara Pembaharu ideas 2018

Talaud, suarapembaharu.com - Salah satu tradisi unik dengan menari mengelilingi kampung yang sampai saat ini masih di lestarikan oleh warga di Kabupaten Kepulauan Talaud dalam mengawali Tahun yang baru adalah MABARIS.



MABARIS adalah salah satu Tradisi warisan nenek moyang yang masih di jaga kelestarian nya secara turun temurun oleh warga talaud sampai saat ini .

Untuk melestarikan tradisi tersebut , Satuan TNI AD dan TNI AL melonguane akhirnya ikut ambil bagian dalam perayaan MABARIS tersebut dengan di ikuti seluruh jajaran serta masyarat, Kamis (10/01/2019) kemarin.

Dandim 1312 Talaud Letkol  (Arm ) Gregorius Eka Setiawan, beserta Danlanal melonguane Letkol  (Mar) Augustinus Purba sebagai petinggi TNI yang bertugas di Kabupaten Talaud  ikut ambil bagian dan menjadi pelopor dalam perayaan tersebut .

Meskipun di guyur hujan, namun antusias warga serta seluruh peserta Mabaris , terlihat bersemangat mengikuti alunan lagu sambil bergoyang mengelilingi kota melonguane .

Dandim 1312 Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan kepada media ini mengatakan, dengan di laksanakan nya Tradisi Mabaris kiranya bisa mepererat tali persaudaraan dan menjaga serta melestarikan salah satu tradisi kearifan budaya yang sampai saat ini mulai terkikis seiring perkembangan jaman.

"Mengawali Tahun yang baru ini mari kita Ciptakan kebersamaan antar sesama, dalam bingkai NKRI. rasa cinta tanah air serta menjaga keutuhan NKRI harus ada dalam sanubari kita sebagai rakyat yang berdaulat agar bisa terhindar dari perpecahan demi keutuhan bangsa," pungkasnya.

(Ive)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.