Suara Pembaharu ideas 2018

Syarifudin Saafa.
Suarapembaharu.com - Rumor adanya permasalahan dalam manajemen, yang membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Manado hendak menarik kas daerah, di Bank SulutGo membuat legislator Manado, Syarifudin Saafa, angkat bicara.

Dikatakannya, pihak Bank jangan seenaknya mengelola secara sepihak, harusnya ada sinergitas antara manajemen dan pemegang saham.

“Pihak manajemen jangan mengelola Bank dengan cara diktator, dimana segala keputusan harus mereka yang menentukan segalanya, ingat ada hak Pemkot Manado sebagai salah satu pemegang saham, yang harus diajak bicara,” kata Syarif.

Meski begitu, keputusan penarikan kas daerah dari Bank SulutGo ke Bank BNI, diungkapkan Saafa harusnya dibahas terlebih dahulu di DPRD, karena ada Peraturan Daerah yang mengatur tentang hal tersebut.

“Ada Perda penyertaan modal ke Bank SulutGo yang mengatur, jadi Pemkot tidak boleh serta-merta melakukan penarikan dan pemindahan seperti itu, karena harusnya ada persetujuan serta rekomendasi dari DPRD,” ungkapnya.

Karenanya, Anggota Anggota DPRD asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, meminta Walikota, Wakil Walikota beserta jajaran Pemkot Manado, agar menjelaskan kepada DPRD serta publik, mengapa kas daerah akan ditarik dari Bank SulutGo dan dipindahkan ke BNI.

“Apakah ini langkah ikut-ikutan? Karena sebelumnya Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kota Kotamobagu telah melakukan penarikan terlebih dahulu. Harusnya DPRD diikutsertakan dalam membahas persoalan ini, agar kesimpang siuran kabar bisa diminimalisir. Entah hal ini terjadi karena persoalan bunga ataukah komunikasi yang tidak berjalan antara managemen Bank SulutGo dan Pemkot Manado,” tanya Syarif sapaan akrabnya.

Untuk itu Saafa meminta DPRD sebagai lembaga legislatif agar memanggil Eksekutif untuk memberikan penjelasan terkait persoalan ini, supaya titik permasalahannya bisa diketahui dan nantinya dicarikan jalan keluar bersama.

“Asas pengelolaan keuangan adalah transparansi, akuntabel dan Undang-undang keterbukaan informasi publik mengatur akan hal itu,” tegasnya. (Laks)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.