Suara Pembaharu ideas 2018

Sangihe, suarapembaharu.com - Kementrian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia (RI) mengunjungi Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan menggelar kegiatan bertajuk Sarasehan Pola Penataan dan Pembinaan Komponen Pendukung Pertahanan Negara di Kabupaten Kepulauan Sangihe Propinsi Sulawesi Utara TA 2019, Kamis (14/02/2019), di ruang  serbaguna rumah jabatan Bupati Kepulauan Sangihe.



Turut dihadiri Direktorat Kementerian Pertahanan Negara Republik Indonesia Ir Tristan Sumardjono, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Edwin Roring, unsur Forkopimda, Kodim 1301 Kabupaten Kepulauan Sangihe, Badan Kesbang Pol, Dispora Kabupaten Kepulauan Sangihe, Satpol PP, Satlinmas dan Menwa, IDI Kabupaten Sangihe, tokoh agama dan tokoh adat, LSM dan Ormas.

Dalam sambutan Bupati Kepulauan Sangihe yang diwakili oleh Sekda Edwin Roring SE, menyatakan ucapan terimaksih atas kehadiran komponen pendukung yakni kepada bapak Ir Tristan Sumardjono, selaku Direktorat Kementerian Pertahanan Negara Republik Indonesia.

"Hal ini merupakan wujud kepedulian pada Daerah Kepulauan pulauan Sangihe, khususnya dalam upaya pemantapan dan komponen pendukung pertahanan beranda Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam mendirikan Kabupaten Kepulauan Sangihe yang aman tertib dan sejahtera. Saya percaya melalui kegiatan pada hari ini akan semakin memantapkan daya juang, semangat dan komitmen kita untuk memberikan kontribusi bermakna  dalam mengisi ruang dan pembangunan bangsa di negeri ini," kata dia.

Sekda juga menyampaikan,kesempatan ini dalah penghargaan dan kesempatan yang harus kita apresiasi bersama.

"Perlu saya informasikan bahwa kabupaten sangihe merupakan integral dari NKRI dimana secara geografis berada di kawasan perbatasan Indonesia  dan negara Filipina," tandasnya.

Selain itu, untuk stabilitas cukup stabil, dimana kehidupan rukun dan damai serta saling menghargai saling menghormari perbedaan terlihat dari berbagai aktifitas kehidupan rakyat Sangihe yang sarat dengan kearifan lokal meskipun terbangun dari fondasi pruralitas baik etnis, religi dan budaya. Dengan kata lain bahwa sampai saat ini Sangihe merupakan satu daerah teraman dari keseluruhan kabupaten/kota di Sulawesi Utara dan Insonesia pada umumnya.

Sementar itu, Direktorat Kementerian Pertahanan Negara Republik Indonesia, Tristan Sumardjono mengatakan, komponen pendukung terdiri dari sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA) buatan, sarana dan prasarana nasional, di mana semuanya itu kita persiapkan lebih dini untuk dapat memperkuat komponen utama pada saat diperlukan.

"Jadi urutanya adalah apabila komponen pendukung dari segmen SDM, kita tahu bersama bahwa, kita wajib ikut serta dalam pertahanan negara termasuk ikut serta bela negara," katanya.

Sehingga perlu kita tata, kita dia, untuk lebih mengenal dirinya sendiri bahwa mereka adalah bagian dari komponen pendukung . Ketika negara dalam keadaan genting, SDM tadi ditingkatkan kemampuannya dipilih dan dipilah untuk menjadi komponen cadangan.

"Termasuk dimobilisasi agar dia menjadi kombatan setelah menjadi kombatan sumber daya manusia tersebut, termasuk bisa membantu komponen utama dalam rangka menghadapi ancaman militer," jelas Sumardjono.

(ReynaldyTulong)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.