Suara Pembaharu ideas 2018

Talaud, suarapembaharu.com - Ramly Adam Resmi jabat sebagai Ratu Banua Melonguane lewat prosesi pengukuhan yang dilaksanakan pada pekan lalu di Gereja Ebenheazer Melonguane yang di hadiri oleh pentua adat dari tujuh suku yang ada di melonguane.



Sebelumnya, melalui proses maire mabaida (musyawarah) yang di laksananakan oleh tujuh suku yang ada di Melonguane, akhirnya Ratu Banua melongunae di pangku oleh Ramly Adam yang merupakan salah satu tokoh dari suku Mansa. Pasalnya, yang bisa memangku Ratu Banua Melonguane adalah suku  mansa, maengga, saweduling.

Hal ini di katakan oleh Godfried Timpua selaku Amanga (Penasehat) adat Banua Melonguane, ketika ditemui pada kediamannya, Minggu (03/02/2019) kemarin.

Lanjutnya Timpua, Sementara untuk Inangu wanua hanya bisa diangkat dari suku Masarahi dan Essing.

Terpisah, Ratu Banua Melonguane Ramly Adam mengatakan, tugas yang di embannya merupakan tugas yang berat.

"Ini merupakan pekerjaan yang berat karena seorang Ratu Banua harus menjadi panutan bagi masyarakat," ucap Adam.

Adam juga menanbahkan, Kehormatan dan nilai luhur adat istiadat di Melonguane wajib di jaga kelestariannya.

"Kehormatan dan Nilai luhur dari adat istiadat di Melonguane harus dijaga dan dilestarikan agar kita tidak kehilangan jati diri," Kunci Adam yang juga salah satu tokoh presidium adat tanah porodisa.

(Ive)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.