Suara Pembaharu ideas 2018

Bitung, suarapembaharu.com - Pergantian Kepala Lingkungan dan Rukun Tetangga (PALA/RT) di Bitung tanpa alasan menjadi perbincangan hangat masyarakat akhir-akhir ini.



Kabar itu berhembus pasca per tanggal 1 Februari sejumlah PALA/RT mengaku diganti tanpa ada alasan yang jelas.

Namun, ada pun yang berspekulasi pergantian Pala/Rt dampak dari kepentingan pemilu 17 April nanti antara Partai Nasdem dan PDIP. Benarkah?

Memang tak bisa dipungkiri, Nasdem saat ini menjelma jadi satu kekuatan politik di Sulut yang bersaing dengan PDIP. Secara kebetulan, Kota Bitung dipimpin oleh Max J Lomban yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Sulut.

Hal ini semakin memperjelas Pala/rt kini sudah ditarik secara paksa ke dalam lingkaran politik pada PILEG nanti. dan suatu proses permulaan gerakan Nasdem untuk memenangkan Pileg di Bitung.

Berspekulasi semacam ini bisa salah serta bisa juga benar, akan tetapi ketegangan politik tidak seharusnya melibatkan Pala/Rt yang notabene merupakan ujung tombak pemerintahan MAMA.

Jangan sampai pergantian Pala/Rt hanya menggunakan dua parameter. Yakni mendukung partai tertentu serta mendulang suara pada caleg tertentu. Karena tugas dan fungsi Pala/Rt merupakan dinamisator peningkatan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pelayanan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Bukan lagi sebagai penerus janji-janji partai penguasa.

Oleh : YaserBaginda
Pergantian PALA/RT di Bitung

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.