Suara Pembaharu ideas 2018

Suarapembaharu.com - Ketua TIDAR Sulawesi Utara, Syarif Darea, mengajak warga Manado, khususnya warga Tuminting, untuk turut meramaikan Upacara Adat Tulude yang akan digela di Lapangan Sparta Tikala Manado, Kamis (14/2).

Aif sapaan akrab Ketua TIDAR Sulut ini mengatakan, Tulude adalah salah satu budaya Nusa Utara, yang wajib dijaga dan dilestarikan.

"Tulude ini  wajib dilestarikan. Tulude ini digelar oleh Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) dan bekerja sama dengan Pemkot Manado," kata Aif.

Menurut Ketua Pengurus Daerah Tidar Sulawesi Utara (Sulut) ini, Tulude adalah salah satu budaya Nusa Utara, yang wajib dijaga dan dilestarikan.

Lanjut Aif, upacara Adat Tulude ini jadi harus dijaga dan dilestarikan semua pihak, bukan hanya warga asal Nusa Utara saja.

"Apalagi Manado adalah kota paling toleran di Indonesia. Kita harus menunjukkannya, minimal dengan cara ikut menyaksikan acara tersebut," lanjutnya.

Ia menambahkan, beragam suku, adat dan budaya yang ada Indonesia harus dipelihara. Karena kita adalah Indonesia, yang terdiri dari beragam suku, adat dan budaya.

"Sebagai warga negara Indonesia, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk melestarikannya,” tandasnya.

Diketahui, Upacara Adat Tulude Kota Manado tahun 2019 akan dimulai dengan pawai kue tamo dari Gereja Sentrum menuju lapangan Sparta Tikala pada pukul 15.00 Wita.(tsir)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.