Suara Pembaharu ideas 2018

Talaud, Suarapembaharu.com - Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) meluncurkan program gerakan Ayo Galakan Ekspor Generasi Milenial Bangsa (Agro Gemilang).


Program Agro Gemilang bertujuan untuk peningkatan kemampuan pemuda tani berorientasi ekspor dalam pemenuhan persyaratan SPS serta mendorong produk lokal ke pasar ekspor.

Untuk Sulut sendiri, program tersebut dilakukan oleh Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado.

Menurut Kepala Balai, Ir. Junaidi mengatakan bahwa program Agro Gemilang ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan generasi muda menghadapi era revolusi industri 4.0. Berbagai upaya dari seluruh unit kerja dijajaran pemerintahan termasuk Kemtan melakukan persiapan bagi generasi yang akan memimpin Indonesia di tahun 2030.

"Setelah gerakan pembangunan SDM petani milenial yang diluncurkan oleh Badan SDM Kementan, maka kini Agro Gemilang menjadi program Barantan untuk mempersiapkan dan mendorong generasi milenial untuk memasuki pasar ekspor," kata Junaidi kepada Suarapembaharu.com, Kamis (7/3/2019).

"Peserta masing-masing adalah para eksportir dan rumah kemas (packing house) komoditas pertanian, Kelompok tani, pelaku tani, asosiasi komoditas pertanian dan Mahasiswa Fakultas Pertanian," lanjutnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan data BKP Manado tercatat hasil kerja ekspor pada tahun 2018 mencapai mencapai 1500 kali dengan volume 3.016.650 Ton, 458.439.408 Kilogram, 23.351 Gram dan 12 Batang, terhadap 34 jenis komoditi.

BKP Manado dengan gerakan Agro Gemilang diharapkan mampu memberikan kontribusi pada peningkatan ekpor komoditas dari Sulawesi Utara di tahun 2019. Dengan talenta dan karakteristik generasi milenial Manado Pe Gaya.

"Sehingga kita mampu bersaing di pasar global, Potensi Generasi Muda dan Resouce yang ada di sulawesi utara merupakan suatu berkah yang harus kita syukuri dan kita maksimalkan," harap Junaidi.(Ive)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.