Suara Pembaharu ideas 2018

Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1309/Manado Koorcab Rem 131/Santiago saat menggarap lahan tidur menjadi lahan produktif.
Manado, Suarapembaharu.com - Persit  Kartika Chandra Kirana Cabang XVII Dim 1309/Manado Koorcab Rem 131, mengisi kegiatan dengan memanfaatkan lahan tidur.

Berlokasi di Kelurahan Winangun Dua, Kecamatan Malalayang, tepatnya disamping rumad dinas (rudis) Dandim 1309/Manado, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 1309/Manado, Ny. Hotma Elvino Kurniawan beserta pengurus, terlihat sangat antusias dan penuh semangat menyulap lahan tidur menjadi lahan produktif.

Lahan seluas 31x 42 meter itu digarap ditanami berbagai jenis tanaman apotik hidup, tanaman pangan dan tanaman hias.

Selain menggarap lahan, Ny. Hotma Elvino Kurniawan beserta pengurus Persit juga mendirikan rumah pembibitan yang terbuat dari bahan botol pelastik bekas.

Pemanfaatan lahan tidur tersebut, tentunya akan memberikan manfaat tersendiri dan memiliki nilai jual.

"Saat ini, sudah ditanami sebanyak 95 jenis tanaman apotik hidup, tanaman pangan dan tanaman hias,"  kata Ketua Persit Kartika Chandra Kiranya Kodim 1309/Manado, Ny. Hotma Elvino Yudha kepada Suarapembaharu.com, Jumat (8/3/2019).

Selain itu, dilahan ini juga, kami mendirikan rumah-rumah kecil yang bahannya terbuat dari botol pelastik.

"Kita juga dirikan rumah-rumah pembibitan yang terbuat dari botol pelastik bekas. Sementara ini sudah terpakai sebanyak 5388 botol pelastik bekas," ujarnya semabri menambahkan, penggunaan botol bekas ini guna menekan jumlah sampah plastik dan untuk sampah basah kami olah menjadi kompos.

Pemanfaatan lahan tidur ini dengan dijadikan sebagai lahan produktif ini dalam rangka menyambut hari ulang tahun Persit Kartika Chandra Kirana.

"Ini semua dalam rangka menyambut HUT ke-73 Kartika Chandra Kirana. Dan ini juga bagian dari perlombaan dalam menyemarakkan HUT," ujar Ny. Hotma Elvino Yudha.

Lanjut Ny. Hotma Elvino Kurniawan, tentunya kegiatan ini juga bagian dari dukungan serta dorongan kepada ibu-ibu (Persit) untuk selalu berkarya membantu suaminya maupun kegiatan persit sendiri.

"Meski bagian dari dukungan, ibu-ibu harus bijak dan cerdas dalam membagi waktu antara keperluan rumah tangga dan tuntutan organisasi agar seimbang dan serasi," imbuhnya.

Menurut Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1309/Manado, Ny. Hotma Elvino, kegiatan ibu-ibu Persit ini selain untuk mengisi waktu juga sebagai wujud kecintaan pada bumi kita. Meminimalisasi sampah, terutama sampah kemasan atau botol plastik yang sampai di TPA.

"Mari cintai bumi dengan mengolah sampah basah dan terutama sampah plastik dari dalam rumah tangga kita sendiri," pungkasnya.(tsir)

Post a Comment

Suara Pembaharu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-KxCpQnd7tqI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAJk/t239p-tSaZY/s120-c/photo.jpg} Media Online, Suara Pembaharu. Menyajikan Informasi Aktual & Terpercaya. {facebook#http://facebook.com} {twitter#http://twitter.com} {google#http://google.com} {youtube#http://youtube.com} {instagram#http://instagram.com}
Powered by Blogger.